Senin, 19 Januari 2015

Cara Merencanakan Promosi Yang Efektif


Cara Merencanakan Promosi yang Efektif

Perencanaan merupakan titik awak dan titik akhir suatu kegiatan. Promosi merupakan bagian dari kegiatan penting tersebut maka, promosi tentunya membutuhkan perencanaan.Oleh karena itu jika menginginkan sesuatu yang maksimal dari kegiatan promosi maka, para pemasar (marketing) harus membut perencanaan terlebih dahulu.
Adapun beberapa aspek  yang menjadi point dalam perencanaan kegiatan promosi adalah :
  1. Menentukan sasaran audiens yaitu siapa yang diharapkan menjadi komunikan atas pesan yang dikomunikasikan dalam promosi.
  2. Menentukan tagline yaitu slogan singkat yang terdapat dalam iklan , yang dimaksudkan untuk menumbuhkan memorable para audiens/pelanggan.
  3. Memilih media yang baik. Media adalah faktor yang menentukan keberhasilan kegiatan promosi, bahwa media promosi terbagi menjadi 2 yaitu above the line (media lini atas) dan bellow the line (media lini bawah). kunci strategis media dalam kegiatan promosi akan sangat bergantung kepada perluasan sasaran, segmen, dan biaya.
  4. Memilih Endorser. Endorser adalah icon atau sosok tertentu yang di pakai dalam kegiatan promosi yang bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk. Contohnya gambar sebuah pulau, nama besar perusahaan, tokoh kartun, dll.
  5. Memilih biro iklan. Biro iklan adalah pabrik konsep ide-ide kreatif untuk branding , provokasi pasar, pencitraan hingga pengendalian pencitraan.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar