Minggu, 18 Januari 2015

Pengertian Marketing


Marketing 

Marketing bisa disebut juga dengan pemasaran. Marketing ( bahasa indonesia : pemasaran) adalah suatu proses komunikasi yang bertujuan memberikan informasi mengenai barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar atau marketer. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama kepada pihak konsumen yang dituju.

Seorang marketing harus mampu mempengaruhi pikiran dan hati konsumen dengan melakukan strategi-strategi pemasaran, promosi, branding berdasarkan hasil riset/analisa terhadap keinginan konsumen, produk ( fungsi, fitur, harga, dan kualitas), kompetitor, lokasi dan kepuasan konsumen. Marketing juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan konsumen untuk mendapatkan loyalitas konsumen .Informasi-informasi dari marketing akan memberikan peranan penting dasar para sales (penjual) dalam mengeksekusi penjualan.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar