Rabu, 21 Januari 2015

Tips Mendatangkan Ide Yang Cemerlang



TIPS MENDATANGKAN IDE  CEMERLANG

Suatu ide akan bermmunculan ketika melakukan suatu aktivitas seperti membaca, melihat, atau mendengar. Andrias Harefa, dalam bukunya Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang, bahkan mengatakan bahwa ide menulis singgah ke otak ketika sedang berada di toilet terutama bagi seorang pria. Mengutip sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Peter Marsh, psikolog MCM Research - respondennya 1.000 orang - Andrias mengungkapkan, saat di toilet, pria lebih terinspirasi daripada perempuan. Bahwa saat duduk di kloset menjadi kesempatan yang baik untuk berfikir lebih kreatif. sementra bagi kaum perempuan, jalan keluar dari suatu masalah lebih kerap diperoleh dengan mandi di pancuran.
Berikut kami sampaikan cara memperoleh sumber-sumber ide yang cemerlang adalah

  1. MELIHAT PERISTIWA. Dari sekian bnyak peristiwa , pasti ada yang menarik perhatian Anda. Renungkanlah, lalu kaitkanlah dengan peristiwa - peristiwa lain, pasti Anda akan menemukan ide yang cemerlang.
  2. MENDENGAR SESUATU. Biasakanlah diri Anda mendengar sesuatu yang baik maka Anda pasti akan mendapatkan ide. Jangan anggap sepele obrolan tetangga dan orang-orang diwarung kopi. Hal ini juga dapat menginspirasi kita untuk mendapatkan ide yang cemerlang.
  3. MEMBACA. Membaca adalah gudang ide. Sumberbacaan bisa buku, majalah, atau koran . apa yang terjadi disana kerap mendatangkan ide.
  4. PENGALAMAN PRIBADI. Pengalaman pribadi baik pengalaman indah maupun penglaman yang pahit dalam hidup kita bisa menjadi sumber ide yangcemerlang.
  5. MELENGKAPI KEKURANGAN. Misalnya Anda sedang membaca sesuatu dan menurut Anda kurang lengkap. Nah Anda bisa melengkapi menjadi tulisan yang lebih rinci. Artinya, ketidaksempurnaan karya orang lain bisa mendatangkan ide yang cemerlang.
  6. MENDAPATKAN INFORMASI BARU. Mendapatkan informasi baru yang tidak diketahui orang lain, Anda juga bisa menjadikan informasi itu menjadi sebuah ide yang cemerlang.


Refferensi.
Koespradono, Gantyo.2009. CARA ANDAL JADI TENAR. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar